Entri Populer

Senin, 13 Juni 2011

20110524-belabar-01 Belabar adalah sebutan untuk tempat latihan silat di perguruan  
Ada dua jenis belabar, yaitu belabar besar dan belabar kecil.
Belabar besar biasanya dipakai untuk latihan secara massal. Jika untuk latihan bertarung ambilan serangan dilakukan dari jauh.

Sedangkan belabar kecil dipakai untuk menguji seorang murid.
Murid yang akan diuji dimasukkan ke dalam belabar kecil untuk untuk kemudian  dihadapkan dengan lawan. Lawan biasannya senior maupun guru. Dalam belabar kecil seorang murid yang diuji harus mampu menghadapi serangan lawan, baik serangan tangan kosong maupun senjata.
Dalam belabar kecil yang luasnya cuma 1 meter X 1,5 meter ini seorang murid harus mampu menangkap dan mengunci lawan.
Prosesi dalam belabar kecil ini sering diistilahkan dengan mutus.
Dari sinilah seorang murid ditentukan apakah dia layak mengajar/ membuka perguruan atau cuma menjadi assisten guru, atau bahkan mengulang latihan lagi. Ketetapan ini ditentukan oleh guru besar.


Yang menarik adalah, sebelum  masuk dalam belabar kecil, seorang murid harus melewati ritual.
Langiran namanya. Murid yang akan melaksanakan ujian diantar oleh seniornya menuju belabar kecil. Kemudian murid dihadapka ke ketua belabar. Oleh ketua belabar murid  dilangir, dengan cara membasuh tangan, kaki, dan muka dengan air yang sudah di kasih ramuan. Ramuan berupa jeruk nipis, daun sedingin, daun setawar. Semua bahan itu di taruh didalam mangkuk atau belantan putih.
Tujuan dari langiran adalah sebagai sarana memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kelancaran selama prosesi di dala belabar kecil.

7 komentar:

  1. ass.
    bang kalo mau ikut belajar silat ko cag mno syarat nyo?

    BalasHapus
  2. syarat nyo
    harus ad izin dari orng tua??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh gak saya gak ikut " membasuh tangan, kaki, dan muka dengan air yang sudah di kasih ramuan. Ramuan berupa jeruk nipis, daun sedingin, daun setawar. ""

      Hapus
  3. klau di jakarta ada g tempat belajar silat cikak? orangtua saya dri bengkulu tepatnya kedurang sudah lama menetap di jakarta, klau memang ada tempat belajar silat cikak di jakarta dimana tempatnya?terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  4. bg tempek ny ko di mn mb ndak masuk kalo pacak

    BalasHapus
  5. Bang tmpt nyo d mano kalua d bengkulu

    BalasHapus
  6. Bang tmpt nyo d mano kalua d bengkulu

    BalasHapus